TUGAS KELOMPOK PEMBANDINGAN BISNIS ONLINE

TUGAS KELOMPOK

PEMBANDINGAN BISNIS ONLINE

 

 

DOSEN PENGANTAR BISNIS:

  1. I.G.A AJU NITYA DHARMANI, SE., MM.

 

DISUSUN OLEH:

ADELIA NURWAHIDAH 01215107

KONAAH 01215104

INDRIANI SETYOSARI 01215141

 

FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

UNIVERSITAS NAROTAMA

2016

ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS

 

  1. Profil Perusahaan Bukalapak dan OLX Indonesia
  • Profil Bukalapak

 

Bukalapak didirikan oleh Achmad Zaky pada awal tahun 2010 sebagai divisi agensi digital bernama Suitmedia yang berbasis di Jakarta. Namun, Bukalapak baru berstatus sebagai sebuah Perseroan Terbatas (PT) pada September 2011 dan dikelola oleh manajemen yang dipimpin oleh Achmad Zaky sebagai CEO (Chief Executive Office) dan Nugroho Herucahyono sebagai CTO (Chief Technology Officer). Setelah berdiri kurang lebih setahun, Bukalapak mendapat penambahan modal dari Batavia Incubator (perusahaan gabungan dari Rebright Partners yang dipimpin oleh Takeshi Ebihara, Japanese Incubator dan Corfina Group). Di tahun 2012, Bukalapak menerima tambahan investasi dari GREE Ventures yang dipimpin oleh Kuan Hsu. Pada bulan Maret 2014, Bukalapak mengumumkan investasi oleh Aucfan, IREP, 500 Startups, dan GREE Ventures. Tidak berselang lama dari pemberitaan tersebut, di tanggal 18 Maret 2014 Bukalapak pun meluncurkan aplikasi seluler untuk Android. Aplikasi yang dikenal dengan mobile Bukalapak tersebut diciptakan khusus untuk para penjual untuk mempermudah penjual dalam mengakses lapak dagangannya dan melakukan transaksinya melalui smartphone. Sejak pertama kali diluncurkan sampai dengan 3 Juli 2014, applikasi tersebut telah didownload oleh lebih dari 87 ribu user Bukalapak. Walaupun baru berdiri kurang lebih 3 tahun, Bukalapak memiliki reputasi yang baik dalam hal customer service dan websitenya yang mudah untuk di akses. Bukalapak pun seiring dengan berjalannya waktu, semakin berkembang dengan inovasi terbarunya untuk mempermudah para pengguna Bukalapak untuk transaksinya. Pada 25 Juni 2014 Bukalapak menambahkan fitur Quick Buy, yaitu dimana pembeli tidak perlu melakukan registrasi akun terlebih dahulu ketika akan membeli barang. Ketika muncul halaman, cukup isi data pembelian dan pembeli memilih tab Beli Tanpa Akun. Tahapan ini, pembeli cukup memasukkan email yang selalu aktif dan detail alamat pengiriman barang. E-mail aktif tersebut nantinya digunakan untuk mengirim tagihan pembayaran dan sebagai kontak untuk menghubungi pembeli jika terjadi kesalahan saat transaksi. Oleh karena itu untuk email diharapkan tidak salah dalam penulisannya, karena nantinya akan berpengaruh kepada verifikasi transaksi anda. Bukalapak memiliki program untuk memfasilitasi para UKM yang ada di Indonesia untuk melakukan transaksi jual beli secara online. Hal ini dikarenakan transaksi melalui online dapat mempermudah UKM dalam menjual produk-produk yang mereka miliki tanpa harus memiliki toko offline. Untuk yang telah memiliki toko offline, Bukalapak mengharapkan dengan adanya situs tersebut dapat membantu meningkatkan penjualan toko offline tersebut.

 

  • Profil OLX Indonesia

OLX yang sebelumnya adalah Tokobagus.com merupakan situs online classified terbesar di Indonesia. OLX menyediakan media yang mudah, cepat dan gratis bagi para penjual untuk memasang iklan dan sekaligus bagi pembeli untuk mencari beragam produk barang bekas dan barang baru untuk kebutuhan sehari-hari. Barang yang dapat dicari mulai dari handphone, komputer, perangkat rumah tangga, hingga mobil dan sepeda motor, rumah dan properti, bahkan lowongan kerja dan layanan lainnya.
Sejak berdiri pada tahun 2005, OLX telah meraih berbagai penghargaan, antara lain “Gold Brand Champion 2013 of Most Widely Used Brand” dari majalah MarkPlus Insight dan Marketeers, “Situs e-commerce terbaik kategori online shopping Top Brand Award 2012” dari Frontier Consulting Group dan majalah Marketing, Situs e-commerce terbaik (“The Great Performing Website”) kategori Communication, dalam “Digital Marketing Award 2012” dari majalah Marketing, dan lembaga survei independen SurveyOne
Sejarah Singkat Tokobagus dan Alasan Mengganti Nama Menjadi OLX
Tokobagus Didirikan pada tanggal 9 Juni 2005 oleh dua orang pemuda Belanda, Arnold Sebastian Egg dan Remco Lupker.
Arnold yang saat itu sedang berlibur di pulau Bali mendapatkan ide setelah melihat perkembangan pesat situs eCommerce di Amerika, amazon.
Menilai dari geografis Indonesia yang terdiri dari banyak kepulauan dengan jumlah penduduk yang sangat besar, maka tercetuslah ide untuk membuat situs Tokobagus.
Pada tahun 2010, PT Tokobagus akhirnya pindah ke Jakarta setelah membangun usaha selama 5 tahun di Denpasar, Bali.

Tokobagus.com didirikan di Bali pada tahun 2005, oleh Arnold Sebastian Egg, seorang warganegara Belanda. Arnold pertama kali datang ke Indonesia pada awal Januari 2000, saat itu ia adalah seorang pengusaha mudayang baru saja lulus kuliah di Belanda. Melalui PT Isya Jaya, ia memulai usaha di Indonesia, tepat setelah bom Bali I meletus. Saat itu ia menawarkan jasa pembuatan situs e-commerce. Pada ahun 2005, Arnold memulai bisnis jual beli secara online. Ia menyiapkan konsep Tokobagus.com dan mulai membangun okobagus.com. Tahun 2008 Arnold mendapat investor yang kemudian menjadi mitranya. Bersama dengan mitra barunya, di tahun yang sama mereka pindah ke Jakarta dan mendirikan PT Tokobagus.

Tokobagus berkembang pesat luar biasa. Juli 2013 memiliki lebih dari 1 miliar pageviews bulanan dan mentargetkan masuk top five situs iklan baris terbesar di dunia.

Tokobagus.com didirikan di Bali pada tahun 2005, oleh Arnold Sebastian Egg, seorang warganegara Belanda. Arnold pertama kali datang ke Indonesia pada awal Januari 2000, saat itu ia adalah seorang pengusaha mudayang baru saja lulus kuliah di Belanda. Melalui PT Isya Jaya, ia memulai usaha di Indonesia, tepat setelah bom Bali I meletus. Saat itu ia menawarkan jasa pembuatan situs e-commerce. Pada ahun 2005, Arnold memulai bisnis jual beli secara online. Ia menyiapkan konsep Tokobagus.com dan mulai membangun okobagus.com. Tahun 2008 Arnold mendapat investor yang kemudian menjadi mitranya. Bersama dengan mitra barunya, di tahun yang sama mereka pindah ke Jakarta dan mendirikan PT Tokobagus.
Tepatnya Selasa (20/5/2014), branding Tokobagus yang sudah begitu melekat akhirnya harus diganti dengan nama yang kurang “indonesia” yaitu OLX.
Jadi ketika kita mengetik URL Tokobagus yang lama, muncul pemberitahuan di layar yang menjelaskan bahwa nama Tokobagus.com
berubah menjadi OLX Indonesia dengan alamat olx.co.id.

 

 

  1. Analisis Lingkungan Bisnis
  • Makro
  1. Keadaan alam

Kedaan alam Indonesia yang luas dan rawan bencana mendukung pertumbuhan kedua perusahaan perdagangan online ini.

 

  1. Politik dan hankam

Pengaruh politik dan pertahanan & keamanan (HANKAM) terhadap perkembangan perusahaan Bukalapak dan perusahaan OLX Indonesia ini sangat jelas terasa.

  1. Hukum

Perusahaan Bukalapak dan OLX Indonesia sudah pasti legal secara hukum dan UU yang berlaku di Indonesia. Namun dalam profilenya tidak dicantumkan SK dari dinas terkait tentang pelegalannya. Dengan adanya landasan hukum yang melegalkannya maka perusahaan ini dipercaya oleh masyarakat.

  1. Perekonomian

Keadaan ekonomi sangat berpengaruh terhadap kinerja kedua perusahaan ini. Keadaan ekonomi yang bagus mendukung terhadap kelancaran aktivitasnya.

  1. Pendidikan & teknologi

Pendidikan dan kaulifikasi yang dimiliki SDM Indonesia sangat mempengaruhi terhadap ketersediaan tenaga profesional di bidang perdagangan online ini. Melihat jumlah karyawan Bukalapak yang sampai sekitar 250 orang dan jumlah karyawan OLX Indonesia sekitar 170 orang, bisa dikatakan SDM yang ada sudah bisa memenuhi kualifikasi yang diinginkan perusahaan ini. Selain itu perkembangan teknologi informasi teknik (sistem operasi, bahasa pemrogaman, sistem manajemen database, network, telekomunikasi, dan lain-lain) di dalam organisasi sangat berperan dalam kemajuan perusahaan ini. Teknologi informasi yang digunakan yang dapat dgunakan dalam perusahan ini misalnya:  aplikasi infrastruktur, seperti order entry pembukaan rekening bank, analisis penjualan dan sistem pembayaran, yang merupakan bentuk proses bisnis sesungguhnya.

  1. Sosial budaya

Aspek sosial budaya berpengaruh terhadap perkembangan kedua perusahaan ini. Tingkat kepercayaan yang bagus telah membuat kemajuan pesat, buktinya kedua perusahaan ini telah memiliki banyak nasabah yang dilindungi.

  1. Kependudukan

Aspek lingkungan kependudukan terhadap perusahaan di Indonesia sangat penting dalam hal ketersediaan SDM dan sasaran pasar dari produk kedua perusahaan tersebut. Indonesia adalah negara yang luas dan  memiliki jumlah penduduk yang banyak sangat menunjang terhadap prospek perkembangan perusahaan dan juga perekonomian negaranya. Jumlah penduduk Indonesia yang banyak dengan penyebaran yang luas pula memungkinkan kedua perusahaan ini untuk bisa memilih dan mendapatkan SDM berkualitas sebagai karyawan, serta konsumen dari produknya. Maka tidak heran jika Bukalapak bisa mengkaryakan sekitar 250 pekerja dan OLX Indonesia dengan 170 pekerja.

  1. Hubungan internasional

Sistem perekonomian Indonesia yang terbuka dengan menjalin hubungan internasional dengan beberapa negara, membuat adanya kebebesan ekspor-impor antar negara serta kebebasan berinvestasi dan berbisnis. Dengan keadaan seperti itu, efeknya terhadap perusahaan bukalapak dan perusahaan OLX Indonesia sangat jelas.

 

  • Mikro
  1. Pemasok

Peran pemasok jelas ada pada kedua perusahaan ini.

  1. Perantara
  2. Teknologi

Untuk mencapai kemajuan yang maksimal, perusahaan perlu menyesuaikan sumber daya-sumber daya internal organisasi dengan kesempatan dan risiko lingkungan sehingga kecepatan dan kepekaan dalam menghadapi perubahan-perubahan dari luar sangat dibutuhkan dan teknologi informasi sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Teknologi informasi bermanfaat dalam menambah kecepatan dan kepekaan menanggapi perubahan-perubahan dari luar dimana kecepatan merespon sangat penting bagi inovasi. Seperti disebutkan dalam sebuah buku ada empat dimensi infrastruktur teknologi aspek manusia yaitu: (1) pengetahuan dan keahlian manajemen tentang teknologi informasi, (2) pengetahuan dan keahlian fungsional tentang bisnis, (3) keahlian interpersonal dan manajemen, dan (4) pengetahuan dan keahlian teknikal. Pengetahuan dan keahlian manajemen tentang teknologi berhubungan dengan dimana dan bagaimana menyebarkan teknologi informasi secara efektif dan menguntungkan untuk mencapai tujuan-tujuan strategi bisnis. Pengetahuan dan keahlian fungsional tentang bisnis meliputi tingkat pengetahuan dan variasi fungsi di dalam bisnis dan kemampuan untuk mengetahui semua lingkungan bisnis. Keahlian interpersonal dan manajemen meliputi kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dengan personal dalam area fungsional dan untuk bekerja di dalam suatu lingkungan kolaborasi, serta kemampuan untuk memimpin tim proyek Pengetahuan dan keahlian teknikal mengukur dalam dan luasnya keistimewaan teknologi informasi teknik (sistem operasi, bahasa pemrogaman, sistem manajemen database, network, telekomunikasi, dan lain-lain) di dalam organisasi. Perusahaan Bukalapak dan perusahaan OLX Indonesia sepertinya telah dapat mengadopsi teknologi dalam pengembangan proses dan metode kerja dalam perusahaan tersebut.

  1. Pasar

Jumlah penduduk Indonesia yang banyak dengan penyebaran yang luas pula, pastinya kedua perusahaan ini mendapatkan konsumen dari produknya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

POTENSI DAN PELUANG PASAR

 

Potensi besar yang ada di pasar online, tidak hanya dinikmati oleh perusahaan besar yang mempunyai modal raksasa, tetapi juga terbuka lebar untuk dinikmati oleh para pengusaha UKM dan juga perorangan.

Bukalapak sudah mulai banyak dilirik orang Asing, tentu hal ini dapat membuka peluang Bukalapak kedepannya dan memajukan potensi usaha di Indonesia untuk dikenal Dunia.

Dengan modal yang lebih besar, tentu OLX telah mempelajari potensi Tokobagus.com sebagai salah satu website online classified yang terkemuka di Indonesia. Meski tampaknya Tokobagus.com dan OLX masih malu-malu menyebutkan strategi kerjasama mereka, duniaindustri.com menilai perubahan nama merek tersebut terkait dengan upaya pencarian modal investasi baru untuk menunjang pertumbuhan bisnis mereka ke depan.

 

 

 

 

 

 

 

 

ANALISIS PERSAINGAN

 

Bukalapak

 

OLX

 

 

Analisis kekuatan dan kelemahan pesaing

Kekuatan Pesaing

Bukalapak OLX Indonesia
1.    Tanpa modal besar

Ini sangat cocok buat anda yang tidak memiliki modal besar. Cukup bermodal media sosial dan pulsa tentunya untuk mempromosikan dan menjalin komunikasi dengan calon buyer.

1.    Caranya daftar gampang dan gratis

Cara daftar di OLX dan cara pasang iklan di OLX sangat gampang. Hanya perlu beberapa menit untuk mendaftar dan jika anda sudah punya barang untuk dijual anda bisa langsung memasang iklan. Yang paling penting adalah memasang iklan di toko online ini tidak dipungut biaya.

2.    Praktis

Kita benar-benar free, karena hanya mempromosikan,lalu ketika ada buyer tinggal menghubungi supplier, lalu ia akan mengirimkan produk tersebut ke alamat si buyer namun data pengirim adalah nama kita. Semua proses adalah tanggung jawab supplier.

2.    Banyak pengunjung

Rata-rata situs OLX dikunjungi tidak kurang dari ratusan ribu pengunjung setiap hari baik yang sudah menjadi anggota maupun yang tidak. Dengan banyaknya pengunjung maka peluang barang kita untuk dilihat lebih banyak orang sangat besar.

3.    Dapat dikerjakan dimana saja

Cukup bermodal pulsa baik untuk telepon, sms maupun berlangganan internet, kita bisa mengerjakannya dimana saja.

3.    OLX sudah terkenal

Dengan munculnya iklan di tv OLX menjadi semakin terkenal. Pengunjung umumnya sudah tau apa yang ingin mereka cari. Mereka akan mencari barang yang mereka butuhkan di kolom pencarian. Jika mereka tertarik maka dengan sendirinya akan masuk ke toko kita.

4.    Tidak ada biaya operasional

Tidak seperti bisnis biasa yang butuh biaya operasional, bisnis dengan sistem dropship tidak memerlukan biaya operasional yang besar.

4.    Ada fasilitas verified account

Bagi pembeli verified account dapat membantu memberi gambaran kalau orang yang diajak bertransaksi dapat dipercaya. Untuk penjual, verified account bisa untuk menambah kepercayaan pembeli. Jika anda punya account segera verifikasi agar anda tidak dicap tidak jelas.

5.    Kategori dan wilayah

Katagory yang beragam dan pembagian sesuai dengan wilayah iklan cukup membantu calon pembeli untuk membeli sebuah barang. Misalnya untuk properti jika kita ada di bandung bisa mencari yang dekat dengan daerah kita tinggal.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kelemahan Pesaing

Bukalapak OLX Indonesia
1.    Keuntungan kecil

Keuntungan yang bisa diambil oleh dropshipper biasanya kecil. Memang bisa saja si penjual menaikkan harga yang lebih tinggi, tapi tentu saja itu sangat beresiko karena bisa merusak kepercayaan konsumen. Dropshipper biasanya tidak akan menetapkan harga yang jauh dari harga yang sudah ditetapkan oleh supplier.

1.    Transaksi bisa sedikit tidak aman

Karena OLX bertindak hanya sebagai perantara, otomatis transaksi tidak kita lakukan dengan pihak OLX tapi dengan pemilik barang. Inilah yang membuat kita lebih berhati-hati bertransaksi dengan penjual. Walaupun ada fasilitas verified account belum membuat kita tenang sebelum menerima barang yang kita beli.

2.    Info stok barang kurang update

Data mengenai barang tentu saja paling lengkap ada di supplier, terkadang kita lambat mengetahui update stok barang terbaru.

2.    Cara pembayaran transfer bank

Karena OLX adalah situs iklan baris maka di OLX tidak ada fasilitas pembayaran seperti di toko online lainnya. Kita hanya bisa membayar dengan transfer bank atau bayar tunai saat barang diterima.

3.    Tidak melihat langsung barang yang dijual

Menurut saya ini adalah kekurangan dropshiper yang utama, mereka tidak bisa melihat langsung barang yang dijual. Bahkan terkadang hanya menerka-nerka saja info dari barang tersebut.

3.    Kualitas barang

Sama halnya dengan belanja di toko online lainnya, kita tidak dapat melihat barang yang kita beli sebelum ada transaksi khususnya jika wilayah penjual dan pembeli berjauhan kecuali kita bisa bertemu dengan penjual di suatu tempat dan melihat barang yang ingin kita beli. Barang-barang katagori fashion yang sering mengecewakan. Di gambar mungkin kelihatan menarik namun saat barang kita ternyata tidak sesuai dengan harapan.

 

4.    Beresiko terkena komplain

Karena barang yang tidak dapat dilihat langsung, maka anda beresiko terkena komplain jika barang yang dikirimkan tidak sesuai seperti yang dipromosikan.

FILE DOWNLOAD: TUGAS KELOMPOK

This entry was posted in TIK. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *